Dandim 0824 Bersama Sekda Jember Pimpin Rakornis Penanggulangan Bencana

Jember.               Pada Rabu 02/01/2019 Pukul 09.00 Wib dilaksanakan Rapat Koordinasi Tehnis (Rakornis) Penanggulangan Bencana Alam Di Kabupaten jember yang dipimpin oleh Komandan Koidm 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar dan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Jember Ir Mirfano.

Hadir dalam Rakornis tersebut diantaranya Kepala BPBD Jember Rasyd Zakaria, Kepala Dinas Sosial Isnaini Dwi Susanti, Ketua PMI Jember Zainal Abidin dan seluruh  Kepala Dinas terkait beserta unsurnya yang berpekentingan dalam penanggulangan bencana alam di Kabupaten Jember.

Dalam kata sambutan pembuka Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas diselenggarakannya Rakornis Penanggulangan Bencana ini di Kodim 0824, dan Rakornis ini sekaligus sebagai bagian dari evaluasi kegiatan tanggap darurat yang telah dilaksanakan, untuk itu saya menyarankan agar nanti dilakukan laporan atau pemaparan masing-masing bidang termasuk kendala yang dihadapi.

Kemudian dari Sekda Jember Ir Mirvano menyanpoaikan hasil-hasil notulen rapat-rapoat sebelumnya dan menyampaikan bahwa kejadian bencana alam di Kabupaten jember yang terjadi pada akibat hujan sepanjang hari pada 22/12/2018 yang lalu melanda 12 kecamatan 27 desa rumah terdampak 8840 unit, rumah rusak 17 unit, KK terdampak 4015 KK, lahan pertanian 920 hektar ternak dan lain-lain yang menelan kerugian total sekitar 16,8 Milyar.

Untuk itu lebih lanjut Ir Mirvano memperwilahkan kepada masing-masing bidang untuk memaparkan langkah-langkah yang sudah diambil serta kendala-kendala yang dihadapi dan diawali oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Ir Rasyid Zakaria.

Pada kesempatan tersebut Rasyid Zakaria menyampaikan bahwa kegiatan penanggul;angan bencana diseluruh Kecamatan, Desa sudah dilakukan tindakan-tindakan tanggap darurat sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, khusus untuk tanggul jebol di Kencong kita hanya dapat melakukan langkah membuat tanggul darurat, untuk tanggul permanen oleh provinsi dilarang dibangun karena menjadi tanggung jawab Dinas Pengairan Provinsi Jawa Timur.

Pada intinya sesuai dengan pemaparan dari berbagai bidang bahwa penanggulangan hingga detik ini masih berjalan bahkan seluruh pengungsi sudah kembali kerumahnya masing-masing, kemudian untuk perbaikan rumah maupun prasarana lain yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Jember sudah dan masih berjalan.

Komandan Koidm 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar usai acara tersebut menyampaikan bahwa secara kewenangan kita sudah melakukan berbagai langkah yang sesuai dengan kebutuhan korban terdampak dan pemenuhan kebutuhannya.

Namun demikian kita masih siap siaga dalam menghadapi musim penghujan kali ini yang cenderung bersubah secara ekstrim sehingga seluruh jajaran Kodim 0824 Jember sudah kita perintahkan untuk meningkatkan monitoring diwilayahnya berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait sehingga apoabila ada kejadian diwilayah utamanya bencana alam dapat diambil langkah awal secara cepat dan tepat. (sis24)

Hits: 12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.