Jember Information Center

Cegah Penyebaran Corona,Pemdes Tanggul Kulon Periksa Kesehatan ODR Corona

Teks Foto   : Kades, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Beserta Petugas Kesehatan Memeriksa Kesehatan ODR Corona
Teks Foto : Kades, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Beserta Petugas Kesehatan Memeriksa Kesehatan ODR Corona

 

Jember -Untuk mencegah penyebaran Novel Coronavirus (Covid-19), petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember melalui tim UPT Puskesmas Tanggul pencegahan Virus Covid-19 blusukan ke desa-desa.

Langkah jemput bola ini dilakukan setelah berkoordinasi dengan pemerintah desa, Babinsa, Babinkamtibmas, Kepala Dusun, ketua RT/RW untuk memeriksa kondisi kesehatan warga yang baru pulang dari luar negeri. Warga tersebut tercatat sebagai orang dengan risiko (ODR) virus corona

Bidan Desa Tanggul Kulon Vina mengatakan, untuk mencegah penyebaran Corona dilakukan surveilance migrasi kepada seluruh orang yang berasal dari luar negeri. Sekalipun yang bersangkutan tidak sakit.

“ Mendapat laporan bahwa ada 2 warga Desa Tanggul Kulon baru datang dari luar negeri, untuk itu kami melakukan pemeriksaan terhadap orang yang bersangkutan, karena mereka baru saja pulang dari sejumlah negara yang memiliki kasus corona. Kami sudah lakukan pengecekan semua dan hasilnya semua sehat. Meski demikian, mereka semua dipantau hingga 14 hari ke depan,” katanya. Jumat, (20/03).

Dia mengatakan orang yang diperiksa yaitu satu orang WNI yang baru pulang dari AS, satu WNI yang baru pulang dari Singapura yang masuk ke wilayah kerja Puskesmas Tanggul. Saat jembut bola, petugas menanyakan seputar kesehatan yang bersangkutan, seperti diperiksa suhu, tekanan darah dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

“Namun jika ada yang mengarah spesifik Corona, akan kita rujuk ke rumah sakit yang ditunjuk,” paparnya.

Sementara itu kepala Desa Tanggul Kulon Arifin Wahyuono menghimbau kepada warga agar tidak panik terhadap situasi maraknya virus corona ini. Dirinya juga mengajak kepada seluruh warga untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 ini mulai dari dirisendiri dengan cara hidup sehat.

“Warga jangan panik, pemerintah desa sebagaimana kebijakan dari pemerintah daerah dan pusat telah melakukan langkah-langkah antisipasi berkaitan dengan virus Corona ini,” tuturnya.

Bagi ketua RT/RW, kader posyandu diimbau untuk turut memberi contoh kepada masyarakat dalam menjaga pola hidup sehat, antara lain dengan menjaga kebersihan diri serta kebersihan di lingkungan dan rumah, dimana pola hidup sehat tersebut dapat dimulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga.

“Yang terpenting adalah bagaimana kita menjaga pola hidup sehat itu, dimulai dari lingkungan terkecil, keluarga,” tegasnya.

Dirinya juga mengingatkan kepada seluruh ketua RT/RW untuk terus memantau wilayahnya masing-masing. Jika ada warga baru, segera melapor kepada kepala dusun setempat.

“Segera laporkan jika ada warga yang baru datang dari bepergian keluar negeri. Saya mengajak kepada seluruh warga, jangan takut, jangan panik dan jangan sungkan untuk cek kesehatan ke petugas medis, karena pemerintah hadir untuk memberi perlindungan pada seluruh warga,” pungkasnya.(null)

Hits: 316

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: