Brigif Raider 9/Kostrad Bersama Koramil Kencong dan Masyarakat Aksi Bersih-bersih Pantai dan Penghijauan

 

JEMBER – Pada Sabtu 16/11/2019 Pukul 08.00 Wib betempat di Pantai Paseban Desa Paseban Kec Kencong Kab Jember, dilaksanakan aksi bersih-bersih pantai dan penghijauan dengan penanaman puhon cemara udang.

Kegiatan tersebut melibatkan personel Brigif Raider 9/Kostrad beserta jajarannya dengan menurunkan 45 orang dipimpin oleh Kepala Staf Brigif Raider 9/Kostrad Letkol Inf Arif Munawar,  Kodim 0824/Jember menurunkan personel sebanyak 30 orang dipimpin oleh Kapten Inf Bambang Hari M, Mahasiswa Universitas Jember yang sedang KKN di Kec Kencong sebanyak 70 orang, Perangkat Desa dan Masyarakat.

Kegiatan difokuskan pada aksi bersih-bersih sampah plastik dan penghijauan dengan penanaman cemara udang, pada kesempatan tersebut Letkol Inf Arif Munawar saat kami wawancarai menyampaikan terima kasih kepada Komandan Kodim melalui Kormail Kencong yang bersinergi melaksanakan penghijauan dan bersih-bersih pantai ini.

Lebih lanjut Letkol Inf Arif Munawar menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kita untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya kebersihan pantai yang merupakan salah satu destinasi wisata di Jember ini, kemudian kita lakukan penghijauan dengan penanaman cemara udang, dengan tujuan agar mampu menahan gelombang pasang, menahan abrasi serta menambah sejuk dan nyaman kawasan pantai ini. Pungkasnya.

Kegiatan yang berjalan hingga pukul 11.00 Wib tersebut mamapu mengubah kawasan pantai tersebut menjadi bersih dan penanaman cemara udang sebanyak 1500 pohon juga mampu diselesaikan dengan baik, dengan harapan dapat tumbuh dan mampu menghijaukan pantai paseban.

Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami konfirmasi, karena sedang melaksanakan kegiatan dinas di Malang menyampaikan, yang pertama kami menyampaikan terima kasih kepada Kepala Staf Brigif Raider 9/Kostrad Letkol Inf Arif Munawar beserta pasukannya,  atas peran sertanya dalam pembersihan dan menghijaukan pantai Paseban bersama Personel Kodim 0824/Jember.

Kebersihan dan penghijauan pantai dimana kita memiliki wilayah pantai yang cukup panjang yaitu dari wilayah selatan Kec Tempurejo hingga Kencong, yang tentusaja sangat rawan sekali apabila terjadi gelombang pasang, untuk itu upaya penghijauan ini sebagai bagian dalam mengurangi resiko tersebut, dan hal ini merupakan tanggung jawab kita semua, benar apa yang diakatakan diatas bahwa karya bakti TNI penghijauan seperti ini merupakan wujud kepadulian TNI serta dalam mengedukasi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan pantai.  Tegas Letkol Inf La Ode M Nurdin. (Siswandi)

Hits: 44

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.