Binter Terpadu Kodim 0824 Jember Bersama Masyarakat dan Instansi Terkait Bersihkan Kali Dan Penghijauan

 

 

 

JEMBER – Dalam Rangka Pembinaan Teritorial Terpadu (Binter Terpadu) Pada Jum’at 08/11/2019 Pukul 07.00 Wib dilaksanakan Karya bakti TNI dengan sasaran pembersihan aliran Kali Dinoyo  di Desa Suci Kec Panti Kab. Jember.

Personel yang dilibatkan diantaranya Pasukan Kodim 0824 Jember sebanyak 60 Orang, Polsek Panti 15 orang, perangkat desa dan kecamatan 25 orang, Petugas Puskesmas 10 orang dAn warga masyarakat sekitar 100 orang.

Kepala Staf Kodim 0824/Jember Mayor Inf Sampak yang mewakili Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin yang tidak dapat hadir karena ada kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan, pada  kegiatan tersebut saat apel.akan dimulainya kegiatan dalam sambutannya mengajak kita semua yang hadir serta masyarakat agar lebih peduli pada lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan termasuk di aliran sungai atau kali.

Sampah sampah di kali Dinoyo yang akan kita bersihkan ini belum tentu berasal dari sekitar sini, namun bisa jadi dari tempat lain yang terbawa arus air dan terdampar disini, untuk itu Masri kita bersihkan bersama-sama agar tingkat kehidupan masyarakat  yang bermukim di sepanjang aliran sungai ini lebih sehat, yang tentunya akan lebih sejahtera, dan nanti kita lakukan penghijauan untuk memperkuat tanggul sungai agar tidak longsor.

Dipimpin Oleh Mayor Inf Sampak didampingi Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Arm Suhartono, Komandan Koramil 0824/14 Panti pembersihan kali Dinoyo dilaksanakan, setelah seluruh sampah-sampah berhasil di bersihkan langsung dilakukan penghijauan disepanjang.tanggul kali Dinoyo tersebut.

Usai kegiatan saat kami wawancarai Mayor Inf Sampak menyampaikan, bahwa kegiatan Binter Terpadu tersebut.meruoakan kegiatan program yang harus dilaksanakan namun disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat, seperti disini ini kita lakukan pembersihan aliran kali dan penghijauan serta kegiatan kegiatan lainnya bersinergi dengan instansi dan aparat diwilayah, dan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Saat kami tanyakan mengapa TNI peduli dengan kesehatan.masyarakat, Kepala Staf Kodim 0824/Jember menyampaikan bahwa tugas Pembinaan Teritorial mini adalah dalam rangka mewujudkan pertahanan wilayah, sedangkan hal mendasar.disini yang harus dilakukan adalah melindungi masyarakat dari wabah penyakit, dari gangguan lingkungan, sehingga.masyarakat disini terjaga kesehatannya, dengan masyarakat yang lebih sehat tersebut tentunya pertahanan akan semakin kuat, itu diantaranya tujuan kegiatan ini. Pungkasnya. (Siswandi)

 

.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hits: 11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.