Jember Information Center

Bersama Poktan Al Hidayah, Komandan Kodim 0824/Jember Dampingi Panen Padi, Ketahanan Pangan Bagian Dari Pertahanan Nasional

 

 

JEMBER – Bertempat di lahan pertanian milik Kelompok Tani (Poktan) Al Hidayah Lingkungan Langsepan Kelurahan Kranjingan Kec Sumbersari Kab Jember pada Kamis,  02/01/2020 Pukul 09.00 Wib dilaksanakan panen padi varietas unggul M-400 pada lahan seluas 1 hekatre.

Hadir pada acara panen tersebut diantaranya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode  M Nurdin, Komandan Koramil 0824/11 Sumbersari Kapten Cba Sardi, Babinsa Kranjingan Serka Candido Da Costa dan Seda Chusein Felani, petugas PPL Laksmi Setyorini dan 50 orang anggota Poktan Al Hidayah.

Dari hasil ubinan pada panen tersebut didapat sekitar  9 ton per hektare  gabah kering sawah,  hasil tersebut merupakan hasil yang melebihi rata-rata produksi pertanian di lahan yang sama yaitu rata-rata sekitar 6,5 ton per hektar. Kata Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Laksmi Setyowati.

Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin berkenan ikut memotong padi dan memasukkan ke mesin perontok, sehingga hasil panen dapat dibawa pulang sudah dalam bentuk gabah.

Usai kegiatan tersebut saat kami wawancarai Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin terkait program ketahanan pangan tersebut menjelaskan, bahwa kegiatan hari ini merupakan program one day one poktanm,  dalam meingkatkan produktifits pertanian kita menggunakan prinsip 5 M pertama, memberikan pendampingan, kedua memberikan motivasi, ketiga memberikan pengamanan dalam pendistribusian pupuk serta pembibitan, keempat turut bersama melayani Alsintan untuk menunjang hasil pangan dan kelima bersama-sama dalam bercocok tanam, dengan kebersamaan akan menghasilkan swasemba pangan sesuai yang kita harapkan bersama, “ujarnya.

Menurut  Letkol Inf La Ode M Nurdin menyangkut kendala yang kami tanyakan, Hingga saat ini tidak ada kendala yang berarti. Meskipun ada kendala relatif kecil semuanya selalu dikomunikasikan dengan Gapoktan, Danramil serta PPL, Alhamdulillah semua bisa berjalan dengan baik. Harapan kita ditahun 2020 bisa mencapai panen yang lebih maksimal, Kalau sekarang panen dalam 1 hektare mencapai 9 ton, target panen berikutnya bisa mencapai 10 ton, terangnya.

Lebih lanjut Letkol Inf La Ode M Nurdin menjelaskan bahwa upaya  peningkatan produksi pertanian seperti ini merupakan bagian dari penguatan swa sembada pangan nasional, dalam mewujudkan kedaulatan pangan sebagai bagian dari pertahanan nasional. Pungkas Komandan Kodim 0824/Jember tersebut.

Terpisah, ketua Gapoktan Kranjingan Abdul Faseh mengungkapkan kegembiraanya karena Dandim 0824 hadir dalam pelaksanaan panen raya. “Saya sangat bersyukur sekali karena Dandim 0824 hari ini hadir ditengah-tengah para petani, “ucapnya.

Sawah ditempat kami sangat potensi untuk penanaman padi, sepanjang tahun tidak ada pengeringan, dalam satu tahun bisa 4 kali tanam dan hasilnya dalam 1 hektar rata-rata mencapai 9 ton.

Selama ini pihak TNI melalui Babinsa telah memberikan pendampingan dan manfaatnya sangat luar biasa, ini bisa memberikan motivasi agar kedepan hasil panen bisa lebih meningkat lagi, Sekali lagi terima kasih kepada Dandim 0824 juga Babinsa yang telah ikut memberikan pendampingan kepada petani, pungkasnya. (Siswandi)

 

 

Hits: 72

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: