Jember Information Center

Bersama BPBD Jember Komandan Kodin 0824 Jember Distribusikan Air Bersih Masyarakat Kesulitan Air

 

JEMBER – Kemarau panjang yang terjadi saat ini, berdampak pada beberapa lingkungan yang mengalami kesulitan air, baik untuk minum maupun untuk masak dan cuci-cuci, utamanya daerah daerah ketinggian.

Seperti yang terjadi di Lingkungan Cangkring Kelurahan Patrang Kec Patrang Kab Jember yangbdihuni oleh sekitar 125 KK, kesehariannya dalam memenuhi kebutuhan air, mereka mencari sumber air di lingkungan sekitarnya.

Melihat kondisi tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Jember untuk memberikan bantuan air bersih, dengan Tanki berisi 5000 Liter, kedatangan mobil tanki tersebut langsung diserbu masyarakat.

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, Plt Ka BPBD Jember Satuki, Camat Patrang M Rofik, dan Lurah Patrang Nanang S.Plt Kepala BPBD Jember Satuki pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa beberapa wilayah di Kabupaten Jember memang sedang kekurangan air seperti ini, tepatnya di 23 desa di 11 kecamatan.

Sehingga pihaknya setiap melakukan pelayanan bantuan air seperti ini, bersama PDAM  termasuk dengan pihak terkait, dan hari ini Komandan Kodim 0824/Jember mengajak kami untuk melayani masyarakat dilingkungan Cangkring ini.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami wawancarai menyampaikan bahwa sejak beberapa bulan ini Kodim 0824/Jember beserta jajaran sudah melakukan  monitoring, terkait kondisi masyarakat terutama diwilayah Jember bagian Utara, dengan kondisi medan di dataran tinggi yang rentan kekurangan pasokan air bersih pada musim kamarau panjang seperti ini.

Hal ini sebagai wujud kepedulian Forkopimda melalui Bupati Jember yang memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat, bahkan kita Tiga Pilar Kecamatan, Tiga Pilar Desa senantiasa bersinergi untuk membantu penanganan permasalahan masyarakat yang kekurangan air bersih, dampak dari kemarau panjang ini.

Saat ini kita mencoba bersama BPBD Jember untuk melakukan langkah-langkah terpadu sehingga.kondisi masyarakat tersebut dapat terlayani dengan baik dan tidak mengalami kesulitan, terkait dengan mekanisme dan lain-lain, akan segera kita koordinasikan dengan Ibu Bupati dan pihak terkait lainnya. Pungkas Letkol Inf La Ode M Nurdin.  (Siswandi)

 

 

Hits: 68

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: