Jember Information Center

Babinsa Tembokrejo Koramil 0824/20 Gumukmas Bersama PPL  dan HIPPA Pendampingan Pertanian, Bantu Suplay Irigasi

 

JEMBER – Meskipun saat sekarang ini sudah termasuk awal musim penghujan, namun kondisi nya belum merata, sehingga saluran irigasi pun belum secara keseluruhan debit  airnya tinggi untuk itu masih perlu dilakukannya pembagian secara bergantian.

Seperti yang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Tembokrejo Kec Gumukmas Kab Jember Serka I Gusti Ngurag Sudianta bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Dewi Handayani  dan Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Desa Tembokrejo Hidayat,  yang melakukan pembendungan saluran irigasi sementara untuk mengairi lahan pertanian kelompok tani Ngudi Makmur IV seluas 37 hektare, yang berlokasi di Dusun Kemukuh Desa Tembokrejo Kec  Gumukmas.

Menurut  Komandan Koramil 0824/20 GumukmasKapten Inf Abd Muntholib saat kami konfirmasi pada Minggu 29/12/2019 menerangkan, bahwa  tindakan tersebut dilakukan untuk memenuhi suplay irigasi bagi lahan milik kelompok tani Ngudi Makmur IV, setelah itu kita buka lagi, dan hal ini sudah dikoordinasikan dengan petani yang mengandalkan pengairan dari saluran tersebut, oleh HIPPA.

Demikian pula Ketua Kelompok Tani Ngudi Makmur IV Nahrowi yang juga kami wawancarai saat bersama Babinsa, PPL dan HIPPA di sekitar lahan pertaniannya, bahwa keberadaan Babinsa, PPL dan HIPPA yang sinergi seperti ini sangat mebantu petani, selama ini kita selalu bersama-sama seperti ini dalam menyelesaikan kendala-kendala pertanian, sehingga dapat dicarikan solusinya yang terbaik.

Selanjutnya saat kami konfirmasi terkait hal tesebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin menyampaikan apresiasinya terhadap singergitas yang terbangun antara Babinsa dengan PPL dan HIPPA tersebut, hal ini tentunya sangat memotivasi  petani dalam meningkatkan produksi pertaniannya,  dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan yang merupakan misi ketahanan pangan nasiolal. (Siswandi)

 

Hits: 40

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: