Babinsa Sumbersalak Kodim 0824 Jember Melaksanakan Pendampingan Pegendalian Hama Tanaman Padi

JEMBER –  Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sumbersalak Koramil 0824/06 Ledokombo  Kodim 0824 Jember  hari Kamis 31/01/2019 Pukul 08.00 Wib melaksanakan pendampingan pertanian dengan Petugas Penyuluh Lapang (PPL) dengan kegiatan pengendalian hama tanaman padi.

Pengendalian hama tanaman tersebut dilakukan dilahan milik H Ridwan Kelompok Tani Karya Makmur-1 Dsn Karanganyar Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember, usia tanam 20 hari dan luas lahan tanam 4 hektar.

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Babinsa Serka IB Gede Arnawa, Agus Widjajat Koordinator PPL Wilayah Silo, Adikarta Kordinator PPL  Kec. Ledokombo, Mujiono, S.P, PPL Sumbersalak, Wahyu Staf Dinas Pertanaman Pangan Kabupaten Jember, Derry S dari  Asuransi Jasindo, Firda Ketua Poktan Karya  Makmur 1 Dusun  Karanganyar dan perwakilan  anggota kelompok tani, dengan kegiatan penyemprotan obat pembasmi hama tanaman.

Pada kesempatan tersebut Agus Widjajat memberikan penjelasan terkait dengan tata cara penggunaan obat tanaman, tata cara penyemprotan yang benar dan lain-lain kepada para petani sehingga hama tanaman tersebut benar-benar dapat dimusnahkan.

Komandan Koramil 0824/06 Ledokombo Kapten Inf Harsono membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarannya dalam pendampingan pertanian tersebut sebagai bagian tugas Babinsa dalam mensukseskan program ketahanan pangan dengan memberikan pendampingan bersama PPL dan petugas pertanian lainnya.

Untuk saat ini kendala yang dihadapi petani di Kec Ledokombo memang sebagian ada yang mulai diserang hama tanaman jenis serangga yaitu wereng, untuk itu kita sudah memerintahkan seluruh Babinsa untuk memonitor dengan intensif pertanian diwilayahnya dengan selalu berkoordinasi bersama PPL.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mendukung upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Koramil jajarannya dalam mengawal pelaksanaan pendampingan program ketahanan pangan ini serta senantiasa menjaga produktifitas pertanian dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan petani serta dalam mendukung program ketahanan pangan nasional. (siswandi)

 

Hits: 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.