Babinsa Sumberlesung Kodim 0824/Jember Tingkatkan Serapan Gabah, Bersama PPL Pendampingan Panen Padi

 

 

JEMBER – Bintara Pembina Desa (Babinsa) disamping sebagai pelaksana Pembinaan Teritorial (Binter) di tingkat desa, juga mengemban tugas pendampingan pertanian bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Pertanian dalam mendukung program ketahanan pangan nasional, termasuk Babinsa  jajaran Kodim 0824/Jember.

Serda Yudi Suparto Babinsa Desa Sumberlesung bersama PPL Budi S melaksanakan pendampingan panen padi milik H Nawawi  dengan luas 1 Ha, anggota Kelompok Tani Among Mitro Dusun Laok Desa Sumberlesung Kec Ledokombo Kab Jember.

Padi yang dipanen adalah varietas cibogo yang menurut hasil ubinan memperoleh sekitar 5 ton per hektar, pada kesempatan tersebut Serda Yudi Suparto bersama  Budi S memberikan himbauan kepada pemilik lahan agar menjual hasil panennya kepada Bulog Sub Divre XI Jember, dalam rangka memperkuat stock pangan pemerintah, serta melakukan percepatan tanam lanjutan dengan segera melakukan pengolahan lahan menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan).

Komandan Koramil 0824/06 Ledokombo Kapten Inf Harsono membenarkan adanya pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa jajarannya tersebut, di Kecamatan Ledokombo ini memang daerah ketinggian sehingga tidak berlaku tanam serentak sehingga setiap harinya ada yang panen, ada yang tanam dan ada yang perawatan tanaman, namun air mesipun mengandalkan air sumber namun relatif ada sepanjang musim.

Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan terima kasih kepada Koramil jajaran melalui Babinsa yang melaksanakan pendampingan pertanian dengan baik, meskipun dibulan Ramadhan tetapi pendampingan selalu eksis, hal tersebut tentunya dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan yang menjadi bagian dari tugas kita, dalam mewujudkan swa sembada pangan nasional. (Siswandi)

 

 

 

Hits: 20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.