Babinsa Sukoreno Koramil 0824/19 Umbulsari Bersama Masyarakat Bersihkan Lingkungan

Jember.               Babinsa adalah Bintara Pembina Desa yang memiliki tugas sebagai pelaksana Pembinaan Teritorial ditingkat Desa dengan metode kegiatan yang berkolaborasi dengan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, kegotong royongan dalam memotivasi peran masyarakat dalam pembangunan didesa sehingga memperlancar peran pemerintahan desa dalam melaksanakan pembangunan.

Tujuan utamanya adalah melestarikan budaya gotong royong masyarakat  adalah potensi pertahanan karena dengan gotong royong maka akan tercipta rasa  kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta kepedulian masyarakat  sehingga sebagai dasar dalam mewujudkan pertahanan masyarakat dalam menunjang pertahanan negara.

Hal tersebut nampak pada kegiatan yang dilakukan di desa Sukoreno Kec Umbulsari Kabupaten Jember yang melaksnakan Kerjabakti  yang dihadiri oleh Babinsa Sertu Suradiman yang dilaksnakan pada Kamis 29/11/2018 Pukul 0700 Wib.

Kerja Bakti yang dilaksanakan tersebut disamping dihadiri oleh Babinsa Sertu Suradiman juga masyarakat setempat sebanyak 75 orang dengan sasaran pembersihan kiri  kanan jalan desa sepanjang 350 meter.

Danramil 0824/19 Umbulsari Kapten Inf Hendro Nurdin S  membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarannya tersebut, hal itu merupakan salah satu kegiatan Babinsa yang utama adalah membantu masyarakat sekaligus memotivasi budaya gotong royong masyarkat didesa binaannya.

Terkait dengan kegiatan jajarannya tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan bahwa pembinaan teritorial identik dengan pembinaan kewilayahan yang tentunya menyangkut berbagai potensi dalam wilayah tersebut agar dapat dimanfaatkan sebagai potensi pertahanan.

Kerja bakti dan kegiatan kegotong royongan masyarakat lainnya seperti yang dilakukan oleh Babinsa Sukoreno maupun babinsa lainnya tentunya memiliki nilai strategis dalam memupuk rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta kepedulian sosial masyarakat, dengan kondisi sosial masyarakat tersebut tentunya akan memantapkan pertahanan wilayah dan  kemanunggalan TNI – Rakyat sebagai pilar pertahanan negara. Tegas Letkol Inf Arif Munawar. (sis24)

 

Hits: 23

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.