Babinsa Purwoasri Koramil 0824/20 Gumukmas,  Pendampingan Pertanian Panen Jagung

 

JEMBER – Pendampingan pertanian merupakan salah satu upaya khusus (Upsus) dalam rangka meningkatkan produksi pertanian sesuai dengan MoU  Kementrian Pertanian RI dengan TNI AD, dalam rangka mewujudkan swa sembada pangan nasional, khususnya komoditas padi, jagung dan kedelai (Pajale).

Seperti yang dilakukan di Desa Purwoasri Kec Gumukmas Kab Jember, pada Rabu 13/11/2019 Pukul 08.00 Wib dimana Bintara Pembina Desa (Babinsa)  Sertu Subandi melaksanakan pendampingan pertanian bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Dwi Handayani, di Kelompok Tani (Poktan) Jaya dilahan milik P Jumal seluas  1 hektare yang sedang panen jagung.

Varietas jagung yang ditanam adalah jenis Wirosableng 212 dan varietas Perkasa, dengan hasil ubinan untuk varietas wirosableng per hektar hasil panen mencapai 14,2 Ton, sedangkan untuk varietas Perkasa mencapai 14/4 ton  per hektar.

Panen jagung tersebut dihadiri oleh Petugas Penyuluh Organisme Penyerang Tanaman (POPT) Eko Suasono, Koordinator Penyuluh Pertanian Murdoso,  Ketua Kelompok Tani Jaya Jumal, Ketua Pok Tani Sidodadi Saniran, Ketua Pok Tani Makmur Supiyono, Ketua Poktani  Maju Nurul Yaqin dan ketua Poktani Mulyo-2 H Sholikin.

Menurut POPT Pertanian Eko Suasono, hasil panen jagung Poktani Jaya ini sungguh luar biasa karena mampu mencapai 14,4 Ton Perhektar, yang melampui hasil panen sebelumnya yang mencapai 11-12 ton per hektar, hal ini tentunya berkat  pengolahan lahan, perawatan tanaman, serta yang tidak kalah pentingnya berkat pendampingan dari PPL bersama Babinsa yang mampu menuai hasil maksimal seperti ini.

Komandan Koramil 0824/20 Gumukmas Kapten Inf Abd Muntholib saat kami konfirmasi membenarkan adanya pendampingan yang dilakukan tersebut, itu  bagian dari tugas Babinsa diwilayah tanggung jawabnya, disamping melaksnakan pembinaan teritorial (Binter) juga harus melaksanakan pendampingan pertanian, yang selama ini dapat berjalan dengan baik.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin menyikapi kegiatan jajarannya tersebut, mengapresiasi kegiatan pendampingan pertanian yang selama ini sudah berjalan dengan baik diwilayah yang dilakukan oleh Babinsa bersama PPL, kepada petani yang panennya meningkat tentunya saya menyampaikan selamat, hal ini patut kita pertahankan guna memperkuat kedaulatan pangan nasional.

Selama ini saya melakukan one day one poktan memang kebanyakan petani dimusim kemarau ini banyak menanam jagung dalam aktifitasnya, dan keberhasilan dengan varietas-varietas tersebut tentunya harus ditularkan kepada petani lainnya, sehingga semakin memperkuat stock pangan, terutama komoditas jagung serta dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani kita. Pungkas Letkol Inf La Ode M Nurdin. (Siswandi)

 

 

Hits: 7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.