Jember Information Center

Babinsa Pringgodani Dorong Percepatan Pembagian BLT Bagi 292 KK, Kurang Dampak Ditengah Pandemi Covid 19

 

 

JEMBER – Bertempat di Balai Desa Pringgodani Kec Sumberjambe Kab Jember Pada Jum’at 01/05/2020, dilaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) dalam rangka penetapan data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa.

Musyawarah tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa Pringgodani Rudy Hariyanto, yang dihadiri oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda natal Pasedo, Bhabinkamtibmas Bripka Agus Mega, Kepala Seksi Pemnerintahan Kec Sumberjambe Hedi Purdiyanto, Kepala Dusun, dan Ketua RW/RT se Desa Pringgodani.

Menurut Serda Natal Pasedo, penetapan data penerima ini merupakan hasil validasi yang dilakukan beberapa hari yang lalu, melibatkan semua unsur terkait, dan pada kesempatan tersebut memang kita mendorong dilakukannya percepatan pembagian BLT tersebut, dengan catatan tidak melanggar, ketentuan serta pendataan yang obyektif dan valid, sehingga tidak salah sasaran, dan yang menjadi kriterian penerima adalah warga kurang mampu yang belum tersentuh bantuan sosial lainnya (PKH, BPNP, Kartu Pra Kerja dll), terdata sebanyak 292 orang.

Menyikapi hal tersbeut Komandan Koramil 0824/05 Sumberjambe Lettu Inf M Hari Yuwono saat kami temui membenarkan adanya kegiatan tersebut, kepada masing-masing Babinsa sudah kita instruksikan agar seger membuka saluran bantuan yang ada dan emungkinkan untuk mengurangi dampak sosial ekonomi, akibat pembatasan sosial dalam percepatan penanganan covid 19, namun sudah kita tekankan agar menyesuaikan dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin dalam konfirmasinya, sangat mengapresiasi upaya-upaya bersama yang dilakukan oleh tiga pilar desa tersebut, namun pedoman dan prosedurnya harus benar, pada situasi pandemi covid 19 ini memang tidak bisa dipungkiri adanya dampak sosial ekonomi bagi masyarakat, dengan adanya pembatasan-pembatasan sosial demi mencegah penularan covid 19.

Bahkan kita yang ada ditingkat Kabupaten juga melakukan sinergi dengan usahawan, untuk berpartisipasi dalam membantu baik pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi paramedis, membantu sembilan bahan pokok (Sembako) bagi warga kurang mampu dan lain-lainnya, yang tidak lain dalam rangka mengurangi dampak sosial masyarakat tersebut. Kata Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 84

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: