Babinsa Pace Kodim 0824 Temukan Warga Tinggal Di Kandang Kambing, Langsung Di Bangunkan Rumah Melalui Program RTLH

JEMBER – Penguasaan Wilayah Bintara Pembina Desa (Babinsa) memang tidak diragukan lagi, hal tersebut yang menjadikan Babinsa mampu melihat kondisi sosial masyarakat hingga di berbagai pelosok desa secara faktual. Seperti yang dilakukan Babinsa Pace Koramil 0824/07 Silo Kodim 0824 Jember Serda Heri Imam Sujati.

Diera seperti sekarang ini masih terdapat seorang warga yang sangat memprihatinkan hingga tempat tinggalpun tidak dimiliki dan tidur dikandang kambing yang berukuran 1 X 1,5 meter, warga tersebut tidak lain adalah Niwan (64 Tahun) alamat RT. 02/23 Dusun Sukmoilang Desa Pace Kec Silo Kabupaten Jember.

Niwan yang kerja serabutan dan tidak pasti terkadang untuk makan saja dibantu tetangga kiri kanannya, sebelumnya memiliki rumah namun karena tidak mampu merawat sehingga roboh dan sejak beberapa tahun ini tinggal dikandang kambing tersebut, Niwan sebenarnya memiliki seorang anak namun kondisinya juga sama-sama  kurang mampu sehingga hanya keluarganya sendiri, sebenarnya Niwan pun diajak anaknya tersebut namun melihat kondisi anaknya tersebut akhirnya memutuskan hidup sendiri ditempatnya saat ini agar tidak merepotkan anaknya.

Kondisi tersebut diketahui oleh Babinsa Pace Serda Heri Imam Sujati yang langsung memasukkan Newan dalam data penerima program pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan mendapat persetujuan langsung Komandan Koramil 0824/07 Silo Kapten Arm M Ismuni yang melakukan pengecekkan langsung ke lokasi.

Kapten Arm M Ismuni saat dikonfirmasi pada Sabtu 23/02/2019 Pukul 10.00 Wib  terkait pembangunan rumah Niwan ini menyatakan,  bahwa bantuan material dari program RTLH sendiri memang tidak mencukupi untuk membangun rumah  Niwan tersebut, namun saya bersama Kepala Dusun mengajak masyarakat sekitar yang memiliki kayu, bambu dan lain-lain untuk membantu dan ikut peduli terhadap kondisi  Niwan tersebut, bahkan pihak Perhutani juga membantu kayu.

Hingga saat ini kondisi rumah Niwan yang dibangunkan melalui program RTLH ini sudah mencapai 60% menurut Kapten Arm M Ismuni dan dalam beberapa hari ini akan dilakukan percepatan agar dapat segera ditempat oleh Niwan. Pungkasnya.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar,  terkait dengan hal tersebut menyampaikan apresiasinya kepada Koramil dan Babinsa yang memiliki kepedulian terhadap kondisi tersebut, Niwan merupakan salah satu warga masyarakat yang belum tersentuh oleh pembangunan tersebut merupakan tanggung jawab kita semua untuk membantu, momentum RTLH ini rupanya mampu menjadi pemicu tumbuhnya kepedulian sosial kita dan masyarakat lainnya dalam membantu sesama khususnya yang mengalami nasib seperti Niwan tersebut.

Saya selaku Komandan Kodim 0824 sudah menerima laporan dari Komandan Koramil dan saya sangat mendukung sekali, bahkan kalau memang masih terdapat kekurangan dalam penyelesaian rumah Niwan tersebut sayapun akan membantunya. Pungkas Letkol Inf Arif Munawar. (Siswandi)

 

 

Hits: 18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.