Jember Information Center

Babinsa Mundurejo Hadiri Persiapan Pembentukan Kampung Tangguh Bencana

 

JEMBER – Upaya percepatan penanganan covid 19 di Kabupaten Jember terus dilakukan diseluruh wilayah, termasuk melalui pembentukkan Kampung Tangguh Bencana ditingkat wilayah dusun maupun wilayah rukun warga.

Seperti yang dilakukan di wilayah Desa Mundurejo Kecamatan Umbulsari Kab. Jember,  pada Minggu 31/05/2020 yabg melaksanakan rapat koordinasi pembentukan Kampung Tangguh Bencana di Dusun Sukamakmur RW.03 RT. 02 dengan mempersiapkan prasarana dan sumberdya manusianya.

Hadir pada rapat tersebut diantaranya Kapolsek Umbulsari Iptu Margianto, Babinsa Mundurejo Sertu Wiyono, Bhabinkamtibmas Aiptu Muntholib, sekretaris desa dan tokoh masyarakat Dusun Sukomakmur.

Menurut Danramil 0824/19 Umbulsari Kapten Arm Abd Azis saat kami konfirmasi menuturkan, bahwa mohon maaf dirinya tidak dapat hadir pada kesempatan tersebut dan sudah koordinasi sama Kapolsek, terkait dengan pembentukan Kampung Tangguh Bencana tersebut, sesuai dengan arahan dan instruksi dari Forkopimda Jember termasuk Komandan Kodim 0824.

Hal tersebut tentunya dalam rangka membentuk suatu kelompok masyarakat, dengan dibekali kemampuan dalam membantu upaya penanganan covid 19, di tingkat wilayah dusun atau RW.

Diposko Kampung Tangguh Becana tersebut nantinya dilengkapi dengan kepengurusan dengan sumberdaya manusia yang mumpuni, ada koordinator lumbung pangan, untuk menghimpun sumberdayabpangan di wilayah tersebut, ada rumah atau tempat isolasi, ada petugas pemakaman dan lain-lain, dalam membantu peran gugus tugas penanganan covid 19, dan lain-lain. Kata Kapten Arm Abd Azis.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, saat kami konfirmasi terkait kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa pembentukan Kampung Tangguh Bencana tersebut merupakan bagian dari upaya penanganan covid 19,

Bahkan dengan Kampung Tangguh Bencana tersebut akan terbentuk suatu kelompok masyarakat yang mampu mengkoordinir kebutuhan pangan masyarakat disekitarnya, mampu melakukan isolasi serta melakukan pemakaman sesuai protokol kesehatan, hal ini tentunya akan memperkuat sumberdaya manusia dalam penanganan covid 19. Ini merupakan kunci perkuatan pertahanan kita menghadapi pandemi ini. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember.  (Siswandi)

Hits: 41

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: