Babinsa Koramil Kalisat Kodim 0824/Jember Dampingi Tim Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Desa

 

 

JEMBER – Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Desa adalah melaksanakan pengecekkan dan pemeriksaan sejauh mana pemanfaatan Dana Desa (DD) dapat di pergunakan dalam pembangunan secara kuantitatif dan kualitatis konstruksi serta volume, sesuai proposal dan amanat hasil Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes)  yang dilaksanakan sebelumnya.

Seperti yang dilakukan di Dusun Krajan Desa Kalisat berupa pembangunan jalan aspal sepanjang 150 meter dan lebar 3 meter, plengsengan saluran Irigasi sepanjang 150 meter di Dusun Ajung Oloh Desa Ajung, yang masing-masing masuk Kecamatan Kalisat Kab Jember dan dilakukan Monitoring dan Evaluasi  secara bersamaan pada Kamis 27/06/2019 Pukul 09.00 Wib.

Hadir sebagai Tim Monitoring dari Kec Kalisat diantaranya Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD)  Purnomo Setiabudi, Kasi Pemerintahan Teguh Yuwono bersama 3 orang perangkatnya dan diampingi oleh 4 orang Perangkat Desa, Serta Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhabinkamtibmas masing-masing desa tersebut.

Sementara itu Komandan Koramil 0824/03 Kalisat Kapten Arm Juhari dalam konfirmasinya membenarkan adanya kegiatan Babinsa Ajung Sertu Sriono dan Babinsa Kalisat Kopka Wigo Harsono, dalam melaksanakan pendampingan monitoring dan evaluasi hasil pembangunan desa tersebut, sebagai bagian tugas dalam membantu pengawasan dan pengawalan pembangunan, sehingga sesuai dengan ketentuan dan tepat sasaran untuk kesejahteraan masyarakat, sesuai hasil Musrenbangdes.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar saat kami wawancarai terkait kegiatan jajarannya tersebut menyampaikan bahwa tugas-tugas Babinsa adalah Tugas Pembinaan Teritorial yang berkaitan dengan berbagai kegiatan desa maupun kegiatan masyarakat diwilayah Desa Binaannya, utamanya hal-hal yang menyangkut pembangunan desa seperti itu.

Karena dalam Pembinaan Teritorial jelas ditujukan dalam rangka mewujudkan ruang ataukondisi  geografi wilayah, alat atau kondisi sarana dan prasarana umum di desa serta kondisi juang yaitu kondisi bela negara dan cinta tanah air masyarakat,  sebagai faktor utama dan mendukung pertahanan dan ketahanan negara. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar. (Siswandi)

 

 

Hits: 18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.