Babinsa Koramil 0824/20 Gumukmas Bersama PPL Dampingi Pok Tani Basmi Hama Wereng

Jember.               Pada Minggu,04/10/2018 Pukul 08.00 Wib bertempat dilahan pertanian milik kelompok tani (Pok Tani) Ngudi Makmur V Dsn Banjarrejo Desa Tembokrejo Kec Gumukmas Kabupaten  Jember dilakukan pembasmian hama wereng  yang mulai menyerang tanaman.

Hadir dan melaksanakan pendampingan diantaranya Babinsa Sertu  I Gusti NS, Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Dwi S dan perwakilan anggota Pok Tani Ngudi Makmur V sebanyak  15 orang, pada kegiatan tersebut PPL memberikan penyuluhan terkait tata cara mencampur obat-obatan tanaman serta cara penyemprotannya.

Kegiatan tersebut menurut Sertu I Gusti NS merupakan langkah cepat dalam membasmi hama wereng yang sudah menyerang sebagian kecil tanaman padi petani sehingga tidak sampai meluas, untuk itu haru dilakukan dengan cara-cara yang tepat seperti yang disampaikan oleh PPL sehingga wereng yang menyerang benar-benar dapat dilumpuhkan.

Danramil 0824/20 Gumukmas Kapten Inf Erwin Daud membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarannya tersebut, diwilayah Gumukmas  sebagian tanaman padi memang sudah ada tanda-tanda serangan hama wereng, untuk itu saya sudah perintahkan kepada Babinsa untuk memonitor dan memantau secara intensif terhadap pertanian di wilayah binaannya.

Pada saat sekarang ini usia tanaman yang memasuki usia pertumbuhan awal  sangat rentan terhadap serangan hama, untuk itu pendampingan Babinsa bersama PPL harus lebih intensif lagi dalam menjaga produktifitas padi di musim tanam Oktober-Maret.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mengapresiasi langkah cepat dari  Koramil dan Babinsa   jajarannya dalam menanggulangi serangan hama wereng tersebut, Gumukmas sebagai bagian dari andalan produksi pertanian utamanya komoditi padi memang harus terjaga produksinya dalam menunjang suplay padi dari Kabupaten jember pada setiap musim panen.

Dengan serangan hama wereng yang menyerang beberapa wilayah saat ini memang belum berdampak secara signifikan namun kalau kita terlambat penanganannya dan keburu meluas tentu akan mengakibatkan gagal penen dan produksi pangan akan menurun, itu yang selalu kita antisipasi agar jangan sampai terjadi, karena Kabupaten jember merupakan salah satu andalan suplay pangan di Jawa Timur. Tegas Letkol Inf Arif Munawar. (sis24)

Hits: 28

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.