Jember Information Center

Babinsa Koramil 0824/09 Tempurejo Dampingi Fogging Cegah Wabah DBD

 

 

JEMBER – Pengakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk jenis aedes aigypti, yang berkembang biak di tempat-tempat kotor, lembab dan  berair atau penampungan air yang jarang di kuras/diganti airnya.

Penyakit tersebut berpotensi mudah menular melalui media nyamuk, untuk itu apabila dalam satu wilayah ada orang yang sakit DBD, apabila tidak ada tindakan dan langkah-langkah pencegahan, akan menjadi wabah diwilayah tersebut.

Seperti yang terjadi di Dusun Kraton Desa Wonoasri Kec Tempurejo Kab Jember pada Sabtu 15/02/2020 yang dilakukan fogging/pengasapan dalam rangka memutus perkembang biakan nyamuk aedes aigypti tersebut, hadir dalam fogging tersebut diantaranya 4 petugas dari Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Wonoasri dipimpin Sunaryo, didampingi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sertu Sugiono.

Tidak hanya dilakukan fogging, namun juga dilakukan pemberantasan sarang nyamuk oleh ibu-ibu Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), bersama Babinsa dengan mendatangi rumah-rumah, memeriksa bak-bak penampungan air, kamar mandi dan lain-lain jangan sampai ada jentik-jentik nyamuk aedes aigypti tersebut, Babinsa bertugas memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk lebih sering menguras bak-bak mandi atau tempat penampungan air, menjaga kebersihan lingkungan dan membiasakan hidup sehat.

Sementara itu Komandan Koramil 0824/09 Tempurejo Kapten Inf Didik Purwo Budianto saat kami konfirmasi terkait kegiatan tersebut menyampaikan, upaya tersebut sebagai bagian dari kepedulian kita terhadap kesehatan masyarakat, dan pendampingan tersbut memang sesuai koordinasi antara Puskesmas dengan Koramil 0824/09 Tempurejo, dalam membantu pencegahan wabah penyakit DBD tersebut.

Sedangkan Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin dalam konfimasinya, sangat mendukung dan mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh aparat disilayah, jangan sampai suatu penyakit tersebut mewabah disuatu wilayah, termasuk DBD yang mulai menyerang beberapa daerah kecamatan di Kab Jember.

Lebih lanjut Komandan Kodim 0824/Jember menerangkan bahwa Keberadaan kita dan Babinsa dalam melaksanakan pendampingan tersebut sangat beralasan sekali, disamping sebagai bentuk kepedulian dan memang kita harus peduli terhadap kesehatan masyarakat, karena masyarakat merupakan kompartemen pendukung pertahanan negara, dalam Sistem Pertahanan Semesta yang merupakan sistem pertahanan negara kita. Pungkasnya. (Siswandi) 

 

 

Hits: 32

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: