Babinsa Kodim 0824 dan Mantri Kesehatan Desa Paseban Fogging Perangi Demam Berdarah

JEMBER – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) semakin hari semakin merebak di seluruh pelosok di Kabupaten Jember, berbagai upaya dilakukan dalam memutus rantai perkembang biakan nyamuk aedes aegypti juga dilakukan oleh semua pihak termasuk Babinsa jajaran Kodim 0824 yang akti mendampingi jalannya Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN).

Seperti yang dilakukan pada hari Jum’at 08/02/2019 Pukul 08.00 Wib di 3 Dusun yaitu Dusun Sidomulyo, Dusun Bulurejo dan Dusun Balekambang masing-masing di Desa Paseban Kecamatan Kencong Kabupaten Jember yang dilakukan fogging oleh petugas  Puskesmas didampingi Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Ikut dalam kegiatan fogging tersebut diantaranya Kepala Desa Paseban Lasidi,  petugas Puskesmas Kencong  3 orang dipimpin Mantri Kesehatan Desa Zaenal, Babinsa Sertu Mustakim bersama petugas Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang melakukan pengasapan (fogging) kerumah-rumah warga dengan harapan mampu membasmi nyamuk termasuk nyamuk aedes aegypti sebagai penyebab penyakit demam berdarah.

Pada kesempatan tersebut Zaenal mengatakan bahwa penyakit  demam berdarah (DBD) saat ini memang mulai mewabah dimasyarakat ddi desa Paseban ini saja dari masing masing dusun sudah ada yang terjangkit, untuk itu kita lakukan fogging ini disamping langkah-langkah lainnya melalui Posyandu yaitu Jumantik dengan mendatangi rumah-rumah mengecek bak-bak air, lingkungan sekitar mungkin ada genangan air dan lain-lain yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.

Untungnya ini  Babinsa juga ikut berpartisipasi karena  petugas kami memang kurang sehingga saya sangat berterima kasih dengan pendampingan Babinsa ini untuk bersama-sama memerangi demam berdarah. Kata Zaenal.

Komandan Koramil 0824/18 Kencong Kapten Cba Beteng Irianto membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarannya terebut, hal itu merupakan bagian dari tugas Babinsa dalam memabntu aparat lainnya guna mengamankan masyarakat binaannya dari berkembangnya penyakit demam berdarah, kita memang sedang giat melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) guna menekan penderita demam berdarah.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar mengapresiasi kegiatan jajarannya yang melakukan pemberantasan nyamuk secara masiv bersama pihak terkait lainnya, bahkan kita juga memasyarakatkan penanaman bunga lavender disamping untuk tanaman hias, dan pewangi juga dikenal  berkhasiat mengusir nyamuk .

Hari ini saja hampir diseluruh wilayah jajaran Kodim 0824 melaksanakan  upaya-upaya pembasmian nyamuk demam berdarah tersebut, untuk itu saya menyampaikan terima kasih kepada anggota jajaran yang aktif bersama pihak terkait yang turut aktif dalam memerangi demam berdarah ini. Kata Letkol Inf Arif Munawar. (Siswandi)

Hits: 19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.