Jember Information Center

Babinsa Klungkung Pos Koramil 0824/30 Sukorambi Berikan Sosialisasi Kepada Warga di Pengungsian Agar Kembali Kerumahnya

 

 

JEMBER – Cuaca ekstrim rupanya sudah terlewati karena beberapa hari ini sudah tidak terjadi hujan lebat, kemudian pengerjaan fisik jalan dan tebing sungai yang longsor terdampak banir bandang sudah hampir terselesaikan, rumah-rumah diharapkan kembali ditempati oleh pemiliknya dan kembali dari pengungsian.

Dalam mewujudkan hal seperti ini tentunya perlu pendekatan persuasif dari berbagai pihak termasuk Bintara Pembina Desa (Babinsa) dengan melakukan pendekatan-pendekatan dan sosialisasi kepada masyarakat terdampak banjir bandang Sabtu 01/02/2020 yang lalu.

Seperti yang sedang dilakukan oleh Serda Suparlan Babinsa Klungkung Kec Sukorambi Kabupaten Jember pada Rabu 05/02/2020 yang melakukan sosialisasi kepada pengungsi, orang demi orang dilakukan pendekatan agar tidak takut lagi untuk kembali kerumahnya, mari segera kembali kerumah masing-masing, kita lakukan aktifitas kita seperti semula dan tidak usah takut, kita akan selalu mengawal dan mebantu solusinya  kalau memang  ada kendala  nantinya.  Kata  Serda Suparlan.

Demikian pula Komandan Pos Koramil 0824/30 Sukorambi Pelda Abd Rachmad saat kami temui menyampaikan, bahwa masyarakat sebagian kita himbau untuk kembali kerumanya masing-masing, karena cuaca sudah relatif membaik, jangan sampai mereka trauma, kita akan meback up seperti yang kita lakukan saat ini, dan dalam satu dua hari ini diharapkan pengungsi secara keseluruhan sudah mau kembali kerumahnya.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat kami konfirmasi menyampaikan, bahwa apa yang dilakukan oleh jajarannya bersama Badan Penanggulangan Bencana dan pihak terkait tersebut merupakan bagian dari upaya untuk meyakinkan masyarakat pengungsi untuk kembali melaksanakan aktiifitasnya masing-masing secara seperti semula.

Memang dapat kita maklumi beberapa dari mereka masih trauma, namun dengan pola-pola pendekatan seperti itu saya kira mereka akan lebih yakin, dan mau kembali kerumahnya serta kehidupan masyarakat dapat kembali normal seperti sedia kala di lokasi pasca terdampak bencana banjir bandang tersebut. Pungkas Komandan Kodim 0824/Jember.  (Siswandi)

 

Hits: 30

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: