Babinsa Kesilir Koramil 0824/23 Wuluhan, Kepala Desa dan PPL Tanam Refugia Bersama Kelompok Tani Antisipasi Serangan Hama Wereng

JEMBER –  Berbagai upaya dalam rangka mengantisipasi serangan hama serangga khususnya wereng yang biasanya menyerang tanaman padi pada masa pertumbuhan diantaranya dengan menanam bunga refugia, yaitu jenis tanaman bunga warna-warni yang mampu memikat jeis serangga  untuk selalu hinggap dikelopak bunga tersebut sehingga tidak menyerang tanaman padi.

Hari Sabtu 26/01/2019 Pukul 08.00 Wib Kelompok Tani Rukun Warga Dusun Demangan Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember dalam mengantisipasi hama wereng atau hama serangga lainnya dengan melakukan penanaman bunga refugia diantaranya bunga matahari, bunga kertas, kenikir dan lain-lain.

Penanaman bunga refugia tersebut dilakukan disepanjang jalan menuju persawahan sekitar 400 meter dilakukan oleh 30 orang anggota Kelompok Tani Rukun Warga, dihadiri oleh Kepala Desa Kesilir Suyitno bersama  petugas pendampingan pertanian yaiotu  Babinsa Pelda Sukamto, dan Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Mila S yang bersama-sama turut melakukan penanaman refugia bersama petani.

Disela-sela kegiatan tersebut Mila S  selaku PPL Desa Kesilir didampingi  Pelda Sukamto saat diwawancarai media ini menyampaikan bahwa cara mengantisipasi serangan hama wereng yang paling efektif memang dengan penanaman bunga refugia ini, disamping itu sangat alami sekali guna mengurangi penggunaan obat-obat kimia disamping  harganya mahal dan menambah kandungan bahan kimia pada tanaman.

Komandan Koramil 0824/23 Wuluhan Lettu Inf M Hari Yuwono membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarannya tersebut sebagai bagian dari tugas pendampingan pertanian yang harus dilaksanakan, kemudian terkait dengan penanaman bunga refugia tersebut dirinya sangat mendukung sekali karena hal tersebut merupakan cara yang murah dan lebih efektif dalam mengantisipasi serangan hama tanaman utamanya wereng yang menjadi momok petani.

Demikian halnya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar yang sangat mengapresiasi kegiatan pendampingan yang dilaksanakan oleh Koramil melalui Babinsa jajarannya yang sangat aktif turun kelapangan bersama Kepala Desa dan PPL, apalagi dengan penanaman bunga refugia  yang merupakan langkah organik dalam mengantisipasi serangan hama tanaman.

Lebih lanjut Letkol Inf Arif Munawar menegaskan bahwa untuk saat sekarang ini pertumbuhan tanaman padi diwilayah selatan Kabupaten Jember  seperti di Kecamatan Wuluhan tentunya pertumbuhan  tanaman  padi mendekati berbunga  kemudian berbuah, untuk itu kepada jajaran hendaknya meningkatkan intensitas monitoring dilapangan bersama PPL dan pihak terkait lainnya sehingga dapat dideteksi secara dini apabila ada tanda-tanda akan adanya serangan hama tanaman dan kendala lainnya. Pungkasnya. (Siswandi)

 

Hits: 106

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.