Jember Information Center

Babinsa Kemuningsari Koramil Jenggawah Kodim 0824/Jember Bersama Masyarakat Kerja Bakti Benahi Saluran Irigasi

 

JEMBER – Saluran irigasi yang berpotensi mengairi sawah seluas 57 hektar di Dusun Tegal Gayam Desa Kemuningsari Kec Jenggawah Kab. Jember  sebagaian mengalami longsor yaitu sepanjang 50 meter dari 150 meter panjang saluran irigasi tersebut, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0824/25 Jenggawah Kodim 0824/Jember pun ikut turun tangan memperbaikinya melalui kerjabakti bersama masyarakat.

Dengan material batu, pasir dan semen swadaya masyarakat petani, pada Selasa 02/07/2019 Pukul 10.00 Wib mulai dikerjakan oleh Babinsa Sertu Iswahyudi bersama 7 orang warga masyarakat  petani sekitar lokasi tersebut.

Menurut Sertu  Iswahyudi sementara ini selama terjadinya longsor tebing saluran irigasi tersebut, petani banyak yang mengeluh karena pengairan pertanian kurang maksimal, sehingga para petani sepakat dilakukan perbaikan swadaya secepatnya denga dikerjakan melalui kerja bakti ini.

Sementara itu Komandan Koramil 0824/25 Jenggawah Kapten Inf Rochmanu saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan tersebut, keberadaan Babinsa tentunya disamping dalam rangka memberikan pendampingan pertanian,  tentunya juga dalam rangka membantu  mempercepat proses perbaikan saluran irigasi tersebut, sehingga pengairan pertanian dapat normal kembali.

Kemudian Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar mengapresiasi langkah cepat dalam mengatasi kendala longsornya sebagian saluran irigasi tersebut, karena kalau dibiarkan disamping dikhawatirkan semakin melebar longsornya juga berdampak pada menurunnya produksi pertanian di wilayah tersebut.

Kabupaten Jember yang menyandang lumbung padi untuk wilayah Jawa Timur tentunya harus eksis dalam menjaga produksi pertanian, untuk itu saya salut kepada Babinsa yang memiliki eksistensi mebantu petani dalam menangani kendala pertanian sekecil apapun, termasuk lonsornya tebing saluran irigasi di Desa Kemuningsari terebut, sebagai bagian dari upaya menjaga produksi pertanian dalam mendukung program ketahanan  pangan nasional. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Hits: 51

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: