Jember Information Center

Babinsa Kelurahan Kepatihan Koramil 0824-12 Kaliwates Sosialisasi Jambanisasi

 

 

JEMBER – Bertempat di Kantor Kelurahan Kepatihan Kec Kaliwates Kab Jember pada Kamis 31/20/2019 Pukul 09.00 Wib dilaksanakan sosialisasi rencana kegiatan Jambanisasi warga yang akan segera dilaksanakan.

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Lurah Kepatihan Suti, Bintara Pembina Desa (Babinsa)  Serda Sujud Suwandono, Bhabinkamtibmas Bripka Dedy Yoga Lesmana, staf Dinas kesehatan dan para Ketua Rukun Warga (RW) dan Ketua Rukun Tetangga (RT) se Kelurahan Kepatihan.

Dalam sambutannya Lurah Kepatihan menyampaikan, betspa pentingnya jamban bagi keluarga untuk kesehatan bersama, karena sebagian besar warga masyarakat utamanya yang bermukim di hilir Sungai Bedadung, tidak memiliki jamban keluarga, karena biasa buang air ke Sungai, dan hal ini sudah terjadi secara turun temurun.

Kebiasaan tersebut tentunya harus mulai dirubah, karena mengganggu kesehatan.lingkungan dan rentan terhadap mewabahnya penyakit, Senada yang di sampaikan oleh Lurah Kepatihan tersebut Babinsa Serda Sujud Suwandono mengajak kepada para Ketua RW dan Ketua RT untuk membantu mensosialisasikan program Jambanisasi ini agar masyarakat sadar dan membiasakan hidup lebih sehat.

Sementara itu Komandan Koramil 0824-12 Kaliwates Kapten Inf Agoes Suhartoyo terkait kegiatan tersebut saat dikonfirmasi menyampaikan, bahwa meskipun wilayah Kecamatan Kaliwates ini merupakan daerah perkotaan, namun masih terdapat masyarakat yang kebiasaan hidupnya kurang sehat, yang perlu kita bantu agar melakukan aktifitas hidupnya lebih sehat lagi.

Sedangkan Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami wawancarai terkait kegiatan Jambanisasi tersebut sangat mendukung sekali, upaya peningkatan kesehatan masyarakat tersebut merupakan bagian dari peningkatan tingkat kesejahteraan masyarakat, dengan membiasakan hidup sehat tentunya kita akan lebih sehat sehingga dapat menjalankan aktifitas dengan lancar.

Disamping memiliki nilai kesejahteraan seperti diatas, kesehatan memiliki nilai yang sangat strategis dalam mewujudkan pertahanan wilayah guna menunjang pertahanan nasional, dengan masyarakat yang sehat pertahanan akan menjadi mantap,  dalam sistem pertahanan semesta dimana masyarakat sebagai kompartemen pendukungnya. Pungkas Letkol Inf La Ode M Nurdin. (Siswandi)

 

 

Hits: 111

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: