Babinsa Karang Anyar Kodim 0824 Bersama Pihak Terkait Tanam Refugia Antisipasi Hama Wereng

 

JEMBER – Keberadaan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam pendampingan pertanian merupakan bagian dari Implementasi Kerjasama Kementrian Pertanian RI dengan TNI AD dalam rangka Program Ketahanan Pangan Nasional  melalui Upaya Khusus (Upsus)  guna mewujudkan swa sembada pangan diseluruh Indonesia termasuk wilayah Kodim 0824 Jember.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Karang Anyar Sertu Subali bersama Kepala Desa Sunaryo dan Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Dwiyanto  yang mendampingi petani menanam bunga refugia dalam rangka mengantisipasi serangan hama tanaman utamanya wereng pada Selasa 05/02/2019 Pukul 08.00 Wib.

Penanaman dilakukan di 500 meter sepanjang jalan Gajah Mada yang berada ditengah persawahan Dusun Senthong Desa Karang Anyar Kecematan Ambulu Kabupaten Jember tersebut dihadiri oleh Petugas Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur Ir. Mathori, penanaman dilakukan oleh 70 orang masyarakat petani dan ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Karang Anyar yang dipimpin langsung oleh Ny. Sunaryo.

Menurut Ir Mathori bahwa penanaman refugia atau bunga warna-warni ini memang sangat efektif untuk menghindarkan tanaman padi dari serangan hama wereng yang sangat ditakuti petani, bunga-bunga ini kalau sudah berbunga nantinya akan selalu dihinggapi oleh berbagai jenis serangga termasuk wereng sehingga tidak akan menyerang tanaman karena mereka akan lebih suka berada dikelopak-kelopak bunga warna-warni terebut.

Jenis bunganya yaitu bunga matahari, bunga plastik, kenikir dan lain-lain pokoknya jenis bunga yang warnanya sangat mencolok pasti akan disukai oleh serangga-serangga tersebut, dan cara seperti ini disamping sangat murah, ramah lingkungan dan cukup efektif sekali. Kata Ir. Mathori.

Komandan Koramil 0824/24 Ambulu Lettu Arm Ridwan Sagala  membenarkan danya kegiatan Babinsa jajarannya tersebut sebagai bagian dari tugasnya dalam melaksanakan pendampingan pertanian, memang dibeberapa tempat sudah ada tanda-tanda adanya seangan hama wereng untuk itu saya sudah memerintahkan Babinsa jajaran untuk koordinasi dengan PPL melakukan tindakan-tindakan antisipatif serperti itu.

Sedangkan Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar juga mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Koramil jajarannya yang telah melaksankan tindakan antisipatif dengan penanaman refugia yang dikenal cukup murah, efektif dan ramah lingkungan tersebut.

Hama wereng yang sangat membahayakan tersebut biasanya menyerang saat tanaman usia perumbuhan yaitu diatas 20 hari, dan dibeberapa tempat memang sudah ada yang terserang hama tersebut namun dapat diatasi dan saya yakin kalau tidak terlalu menjadi kendala pada produksi musim tanam Oktober – Maret 2019 ini. Kata Komandan Kodim 0824. (Siswandi)

Hits: 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.