Babinsa Kaliwining Koramil 0824/13 Rambipuji Bersama PPL Dampingi Petani Pengendalian Hama Wereng

 

JEMBER – Pendampingan pertanian dalam rangka peningkatan produksi pertanian merupakan program kegiatan tambahan Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) dalam melaksanakan pendampingan kepada petani dari pengolahan, perawatan hingga penyaluran hasil panen serta pengawalan insfrastruktur pendukung pertanian lainnya.

Pada Senin 19/08/2019 Pukul 09.00 Wib Babinsa Kaliwining Serda Hariyanto bersama PPL Sunu S,  melaksanakan pendampingan kepada Kelompok Tani Bedadung Jaya Dusun Bedadung Wetan, Desa Kaliwining Kec Rambipuji Kabupaten Jember, dengan kegiatan pendampingan penyemprotan masal hama wereng yang dibantu langsung oleh pabrikan obat tanaman merk Bayer yang diwakili oleh Sigit S, yang membantu tata cara menformulasikan obat-obatan sebelum disemprotkan, agar mampu mencegah serangan hama wereng atau hama serangga lainnya.

Menurut Ketua Kelompok Tani Bedadung Jaya Kariono menyampaikan bahwa lahan yang ada di kelompok taninya selus 47 hektar dengan anggota 29 orang, saat ini memang sedang marak serangan hama wereng, namun dilahan kami ini belum begitu signifikan, untuk itu dilaksanakan penyemprotan dan pengendalian hama ini agar tidak meluas.

Kami berterima kasih sekali dengan penampingan oleh Babinsa dan PPL yang banyak membantu memberikan arahan secara tehnis terkait dengan pengolahan lahan, perawatan dan lain-lain, sehingga keberadaan kami petani sekarang lebih terjamin baik faktor ketersediaan bibit, obat-obatan, pupuk dan lain-lain, dengan adanya program pendampingan ini sangat terkawal dan kami tidak kesulitan mendapatkannya.

Komandan Koramil 0824/13 Rambipuji Kapten Inf Abdul Latif saat kami konfirmasi membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarannya tersebut dan kita perkuat dang tambahan personel, ditengah kesibukan saat ini saya sudah tekankan kepada anggota agar mengatur waktu dalam menangani semua tugas-tugasnya dilapangan, termasuk pendampingan pertanian, jangan sampai lengah, karena hama wereng sudah mulai menyerang pertanian dibeberapa tempat.

Demikian halnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Laode M Nurdin menyikapi kegiatan pendampingan para Babinsa jajarannya tersebut, saat kami konfirmasi menyampaikan, bahwa tugas pendampingan pertanian para Babinsa tersebut merupakan inplementasi dari kerjasama antara TNI AD dengan Kementrian Pertanian RI, dalam mewujudkan swa sembada pangan nasional.

Meskipun saya baru menjabat, namun saya telah mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa jajaran Koramil Kodim 0824/Jember ini patut kita apresiasi, karena Jember sebagai termsuk pemasok terbesar komoditi beras/gabah di Jawa Timur, sedangkan Jawa Timur sendiri merupakan pemasok terbesar bagi ketersediaan pangan nasional, untuk itu saya juga memerintahkan agar pendampingan pertanian tersebut intensitasnya lebih ditingkatkan seperti sekarang ini mendekati masa panen raya bulan September- Oktober. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

 

 

Hits: 5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.