Babinsa Jajaran Kodim 0824 Sukseskan ORI Difteri Demi Keselamatan Generasi

Jember.               Dalam rangka melindungi generasi bangsa dari penyakit difteri yang membahayakan tersebut Kabupaten Jember melalui Dinas Kesehatan Kabupaten dengan Petugas Medis Puskesmas serta Bidan Desa  melalui posyandu dan sekolah-sekolah  aktif menggelar outbreak Respon Immunization (ORI) Difteri meskipun Jember sendiri tidak masuk daerah Kondisi Luar Biasa (KLB).

Pelaksanaan Imunisasi tersebut bersinergi dengan Kodim 0824 Jember melalui peran Babinsa untuk mendampingi Bidan Desa untuk melaksanakan imunisasi terhadap anak usia 1-19 tahun di desa-desa seluruh pelosok Kabupaten Jember.

Seperti yang dilaksanakan pada hari ini Selasa 13/11/2018 dibeberapa desa diantaranya Ds Dawuhan Mangli Kec Sukowono Kab Jember kepada anak-anak siswa TK/Paud sebanyak 117 anak, SD/MI sebanyak 854 anak, SMP/MTs 224 anak  dan SMA/MA 781 anak di Posyandu Kamboja 260 anak yang dihadiri Danramil 0824/04 Sukowono Kapten Inf Jarwo Adi Purnomo bersama Babinsa.

Kemudian dihari yang sama   Babinsa Sumber Salak Serka Ida Bagus Gede Arnawa melaksanakan pendampingan pemberian Vaksin ORI Difteri tahap 3 di SDN Sumbersalak 01 kepada 150 orang siswa dan, Babinsa Sumber Anget Serda Anis Abdillah melaksanakan pendampingan  Imunisasi ORI Difteri di SD Sumber Anget 02, dengan jumlah  siswa 116 orang.

Babinsa Curahmalang Serda Sutejo bersama Bidan Desa  melaksakan Imunisasi ORI kepada siswa MA Al Misri Dsun Gumuksari Desa Curahmalang sebanyak kurang lebih 300 siswa /siswi  yg dihadiri Bidan Desa dan Petugas Puskesmas Nogosari 6 org.

Demikian pula di desa-desa lainnya yang dilaksanakan selama beberapa minggu ini sebagai bagian dari upaya  Bupati Jember dr, Hj, Faida, MMR yang bergerak cepat bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat termasuk Babinsa untuk melaksanakan “gropyokan” Vaksinasi difteri keseluruh pelosok Kabupaten Jember, jangan sampai ada yang tidak ter imunisasi. Kata Bupati Jember diberbagai kesempatan.

Terkait dengan keterlibatan Babinsa tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menegaskan bahwa hal tersebut merupakan impolementasi dari Tugas Pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dimana salah satu point nya adalah membantu pemerintah daerah termasuk dalam menyelamatkan generasi kita dari bahaya penyakit difteri ini.

Upaya-upaya pemerintah daerah seperti itu tentunya patut kita sukseskan bersama sehingga tidak segan-segan seluruh Babinsa  juga kita libatkan untuk mensukseskan pelaksanaan Imunisasi ORI Difteri tersebut, sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya imunisasi tersebut. Kata Letkol Inf Arif Munawar. (sis24)

 

 

Hits: 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.