Jember Information Center

Babinsa Biting Koramil Arjasa Kodim 0824/Jember Pendampingan Panen Petani  

 

JEMBER – Program Ketahanan Pangan merupakan program kerjasama antara Kementrian Pertanian RI dan TNI AD dengan melaksanakan pendampingan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) kepada petani dari proses pengolahan lahan, penanaman, perawatan hingga saat pasca panen, termasuk oleh Babinsa Jajaran Kodim 0824/Jember.

Seperti yang dilakukan oleh Serda Yunus Babinsa Biting bersama PPL Nurhasyim yang sedang melaksanakan pendampingan panen padi milik Yudianto anggota Kelompok Tani Makmur Dusun Tegallo Desa Biting Kec Arjasa Kabupaten Jember, seluas 1,2 Hektare.

Padi komoditas Cibogo tersebut mampu berproduksi 6,5 ton per hektar dari hasil ubinan yang dilakukan sebelumnya, pada kesempatan tersebut Babinsa bersama PPL menyampaikan himbauannya agar hasil panen tersebut dijual kepada Bulog Sub Divre XI Jember dalam rangka memperkuat stock gabah pemerintah dalam memelihara stabilitas harga pasaran.

Lebih lanjut Babinsa Serda Yunus juga menghimbau agar pasca panen ini dilaukan percepatan tanam dalam rangka meningkatkan luas tambah tanam, dengan memanfaatkan alat mesin pertanian dalam pengolahan lahan dan tanam, sehingga lebih efektif dan efisien dari segi waktu dan biaya, yang sangat menguntungkan petani.

Komandan Koramil 0824/02 Arjasa Lettu Caj Agus Teguh Yuwono membenarkan adanya kegiatan Babinsa Jajarannya tersebut, sebagai bagian dari tugas pendampingan yang harus dilaksanakan dalam rangka mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional dalam mewujudkan swa sembada pangan khususnya gabah atau beras, sebagai makanan pokok Bangsa Indonesia.

Selanjutnya Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar terkait dengan program pendampingan yang dilaksanakan tersebut, menyampaikan apresiasinya kepada koramil melalui Babinsa jajarnnya yang senantiasa eksis melaksanakan pendampingan, sebagai bagian dari tugas kewilayahan.

Tugas pendampingan terebut merupakan tugas mulia yang berkaitan langsung dengan ketahanan nasional, swa sembada pangan berkaitan langsung dengan kedaulatan pangan, dengan stock pangan yang mencukupi kebutuhan dalam negeri, akan memantapkan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tegas Letkol Inf Arif Munawar. (Siswandi)

Hits: 50

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: