Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Desa lengkong Mantapkan Peran Linmas

Jember.               Bertempat dihalaman Balai Desa Lengkong Kec Mumbulsari Kecematan Mumbulsari Kabupaten Jember pada Rabu 09/01/2019 Mulai Pukul 07.00 Wib dilaksanakan Pelatihan Pelindung Masyarakat (Linmas) dalam rangka menghadapi berbagai kegiatan membantu pengamanan diwilayah Desa Lengkong termasuk persiapan Pemilu 2019.

Pelatihan Linmas yang diikuti oleh 30 orang anggota Linmas se Desa Lengkong dilakukan oleh Babinsa Sertu Agus Irawanto dan Bhabinkamtibmas Bripka Abdul Hayi atas permohonan dari Kepala Desa Lengkong Amir Rosyid.

Materi yang diberikan oleh Sertu Agus Irawanto maupun Bripka Abdul Hayi diantaranya materi lapangan berupa pemantapan Peraturan Baris Berbaris (PBB) sedangkan materi ruangan diantaranya Wawasan Kebangsaan oleh Sertu Agus Irawanto serta Meningkatkan Kamtibmas melalui peran Linmas oleh Bripka Abdul Hayi

Hadir dan turut mengawasi jalannya pelatihan diantaranya Kepala Sesksi Transportasi dan ketertiban  (Kasi Transtib) Kecamatan Mumbulsari  Suroyo, secara terpisah Kepala Desa Lengkong Amir Rosyid saat ditemui terkait kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Linmas adalah salah satu kekuatan pengamanan di tingkat desa yang patut mendapatkan pembekalan sehingga mereka mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan benar sesuai aturan yang berlaku.

Untuk itu sengaja saya memohon kepada Babinsa maupun Bhabinkamtibmas sebagai mitra utama kita untuk melakukan pembekalan tersebut sehingga selaras dengan visi misi pengamanan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat disetiap kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak maupun pada Pemilu 2019 nanti.

Pjs Danramil 0824/10 Mumbulsari Letda Cba Ainul Yaqin membenarkan adanya kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa tersebut disamping dalam rangka memenuhi permohonan dari Kepala Desa sekaligus sebagai media dalam melaksanakan pembinaan rakyat terlatih sebagai salah satu kekuatan pendukung kompartemen pertahanan negara.

Sementara itu  Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan tersebut, upaya-upaya pembekalan sejak dini terhadap Linmas guna memantapkan keberadaannya sebagai salah satu pengaman dalam kegiatan di desa bahkan pada Pemilu 2019 nanti, sehingga Linmas tersebut dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan benar.

Keberadaan Linmas memang perlu mendapatkan perhatian oleh 3 Pilar Desa karena perannya sangat vital disaat ada kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak, sehingga mereka harus paham diantaranya terkait  sejauh mana tanggungjawab dan wewenangnya dan lain sebagainya, dan langkah selanjutnya tentunya menjadi wewenang  3 Pilar desa terebut. Kata Letkol Inf Arif Munawar. (Sis24)

 

Hits: 57

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.