Jember Information Center

Babinsa Banjarsengon Koramil 0824/01 Patrang,  Wujudkan Rumah layak Bagi Sayani

 

 

JEMBER –  Rumah layak sebagai hunian keluarga menjadi dambaan masyarakat, hal ini tentunya menjadi permasalahan tersendiri  bagi masyarakat kurang mampu, sehingga adanya bantuan renovasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang merupakan program bantuan kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kodam V/Brw  yang diturunkan ke tingkat Kodim Koramil dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) menjadi pelaksananya,  merupakan  salah satu berkah bagi warga kurang mampu terebut.

Satu contoh misalnya Sayani  66 tahun yang beralamat di Lingkungan Krajan RT.002 RW.004 Kelurahan Banjarsengon Kec Patrang Kabupaten Jember, kondisi rumah yang terbuat dari bambu dan berdiri sudah bertahun-tahun, tentunya perlu mendapatkan sentuhan agar menjadi rumah yang lebih sehat dan layak bagi dirinya.

Saat kami temui pada Sabtu 14/12/2019 dirumahnya yang sudah layak dan bagus tersebut Sayani terlihat bahagia sekali, dia mengisahkan (dengan logat Madura) bahwa dirinya tidak mampu memikirkan kondisi rumahnya yang mau roboh, lapuk kerangka penyangganya, sedangkan dia hidup seorang diri, hanya dengan bekerja sebagai buruh tani, kalau hujan saya takut dan hanya bisa meneteskan air mata, menempati rumah-satu-satunya tersebut.

Keberadaan program Rutilahu ini memang benar-benar memberikan berkah bagi saya, awalnya saya didatangi Pak Babinsa (Serma Iwan Abdilah) bersama Pak Lurah, bahwa rumah saya mau diperbaiki melalui bantuan program rutilahu ini, saya sangat bahagia sekali, kata Sayani.

Kemudian dibongkar dan langsung direnovasi hingga seperti ini, saya sangat bersyukur kepada Allah SWT, terima kasih kepada Pak Babinsa yang ikut membantu membangun setiap harinya, semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan tugasnya. Kata Sayani.

Terkait Rutilahu tersebut Komandan Koramil 0824/01 Patrang Kapten Inf Sumaryono  saat kami wawancarai menyampaikan bahwa pada program Rutilahu ini Koramil Patrang mendapatkan jatah 10 unit, diantaranya rumah Bu Sayani ini,  disamping merupakan bagian dari tugas kita, hal ini tentunya dalam rangkja membantu warga yang kurang mampu, agar memiliki hunian yang sehat dan layak.

Demikian pula Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin saat kami konfirmasi,  menerangkan bahwa program rutilahu ini merupakan bagian dari Tugas Pokok TNI pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yaitu membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan merenovasi rumah warga yang kurang mampu, dan kondisi rumahnya kurang layak, menjadi layak dan lebih sehat  untuk ditempat. (Siswandi)

Hits: 21

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: