Jember Information Center

390 Pedagang Pasar Tanjung Jember Jalani Rapid Test Covid 19, Koramil 0824/12 Kaliwates Bersama Polsek Lakukan Pendampingan

JEMBER – Sebagai bagian dalam melakukan pencegahan meluasnya penyebaran Covid 19 di Kabupaten Jember, upaya melakukan Rapid Test dilaksanakan terhadap pedagang pasar, kali ini pedagang Pasar Tanjung Jember, sebagai pasar induk dan pusat perdagangan di Kota Jember menjadi sasaran Rapid Test bagi pedagangnya.

Muspika Kaliwates terdiri dari Camat Asrah JW, Kapolsek Kompol Edy Widarto, Danramil 0824/12 Kaliwates Kapten Inf Agus Suhartoyo, beserta Kepala Dinas Perhubungan Hadi Mulyono, Pasi Ops Kodim 0824 Kapten Inf Hendro Nurdin Syaiful, dr. Sendy Dwi Pertiwi  Kepala Puskesmas Gladak Pakem yang memimpin  13 orang tim kesehatan sebagai petugas pemeriksaan dan pengambilan sample darah, hadir pada pelaksanaan rapid test terhadap  390 orang pedagang Pasar Tanjung tersebut.

Menurut Kapten Inf Agus Suhartoyo (Danramil 0824/12 Kaliwates) sebelum dilakukan pemeriksaan dan pengambilan darah, diberikan arahan kepada para pedagang agar mematuhi protokol kesehatan, halnini untuk mengamankan diri pedagang maupun untuk keamanan para pembeli dari bahaya penularan Covid 19.

Pasar sebagai pusat pertemuan orang, tempat bertransaksi harus mematuhi protokol kesehatan, hal ini harus benar-benar menjadi perhatian kita semua, jangan sampai ada yang membandel, karena walaupun satu orang yang.membandel akan beresiko pada banyak orang.

Kita berharap Pasar Tanjungnini sebagai pasar induk mampu memberikan contoh kepada pasar tradisional lainnya,  pedagangnya patuh protokol kesehatan demikian pila.para pembelinya, sehingga kita dapat segera keluar dari krisis dan pandemi Covid 19 ini. Kata Kapten Inf Agus Suhartoyo.

Menurut salah satu petugas kesehatan yang saya temui menyatakan bahwa dengan dilakukannya Rapid test ini akan kita ketahui kondisi kita dan langkah apa yang harus dilakukan, untuk itu masyarakat tidak usah takut dan panik, dan apabila da pedagang yang reaktif hasilnya maka akan kita lakukan pendekatan dan monitoring lebih lanjut, kita karantina sehingga tidak menyebar pada yang lainnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin saat kami konfirmasi terkait kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi pelaksanaan Rapid test bagi para pedagang pasar tersebut, sebagai bagian dari upaya kita memutus rantai penularan serta mencegah meluasnya penyebaran Covid 19.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Danramil Kaliwates, bahwa keaadaran masyarakat menjadi kunci utama dalam upaya mencegah penyebaran Covid 19 ini, kalau seluruh masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi, niscaya kita akan segera keluar dari pandemi ini. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember.  (Siswandi)

Hits: 57

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: